Pilihan Armada Transportasi ke Bandung



Bagi warga Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok, Bandung termasuk salah satu destinasi wisata yang paling digemari. Dengan jarak yang cukup dekat dari ibukota dan berbagai pilihan wisata yang ditawarkan, menjadikan kota Bandung sangat populer. Selain itu, liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bandung merupakan impian warga yang tinggal di perkotaan. Belum lagi lokasinya yang mudah dijangkau usai diresmikannya jalur perjalanan tol Cipularang, semakin memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin pergi ke Bandung.

Banyak Pilihan Tempat Wisata
Di Bandung sendiri, ada banyak pilihan tempat wisata yang siap memanjakan para wisatawan di kota ini. Seperti keindahan wisata alamnya, kelezatan wisata kuliner khasnya, dan murahnya berbelanja di kota Bandung karena langsung dari pusatnya, semakin memberikan magnet tersendiri bagi warga yang ada di luar kota Bandung khususnya. Bagi Anda yang tertarik dengan pilihan wisata alam yang ada di Bandung, beberapa diantaranya yang bisa dikunjungi ialah Ciwidey, Maribaya, Lembang, Cikole hingga di Pangalengan yang terletak di Bandung Selatan.

Sedangkan berbagai macam pilihan kuliner yang tersaji, baik itu kuliner lokal, kuliner nusantara, sampai mancanegara, telah tersedia di sejumlah resto dan cafe yang ada di kota Bandung. Hal ini tentu saja semakin memanjakan para wisatawan, apalagi bagi para pecinta kuliner khas Sunda. Sementara bagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi wisata belanja yang ada di Bandung, Anda bisa pergi ke Cibaduyut, Pasar Baru, dan beberapa factory outlet yang berada di Jalan R.E Martadinata dan Jalan Dago. Untuk pergi ke Bandung dari mana saja dengan mudah bisa Anda coba lewat beberapa alternatif pilihan transportasi.

PIlihan Transportasi ke Bandung
Bagi Anda yang tertarik pergi ke Bandung, ada beberapa alternatif transportasi yang dapat dipilih, diantaranya :

1. Pesawat
Pilihan transportasi pesawat sangat cocok bagi Anda yang memprioritaskan waktu. Perlu dipertimbangkan, walaupun waktu tempuhnya bisa dibilang sangat singkat, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk check in kemudian boarding. Sekarang, transportasi pesawat ke Bandung dari Jabodetabek sendiri telah tersedia di Bandara Halim Perdanakusuma dengan penerbangan yang dilayani langsung oleh Maskapai Penerbangan Wings Air. Adapun harga tiket pesawat yang harus Anda bayar sekitar Rp. 300.000-an untuk sekali jalan.

2. Bus
Tak sedikit perusahaan jasa penyedia angkutan bus dengan trayek dari Jakarta ke Bandung. Adapun salah satu bus yang cukup terkenal ialah bus Primajasa. Para penumpang dapat membeli tiket PO untuk bus Primajasa ini melalui situs resmi agen penjualan tiket bus online. Jika dibandingkan dengan angkutan umum jenis lainnya, harga tarif bus bisa dikatakan sangat murah.

Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 75 ribu saja untuk sekali jalan. Bus Primajasa, di Bandung sendiri dapat dijumpai di terminal Leuwipanjang. Menariknya lagi, bus biasanya akan melakukan pemberangkatan tiap satu jam sekali. Dengan bus berkapasitas besar, tentu saja semakin membuat penumpang merasa lebih nyaman.

Hanya saja dengan badan bus berukuran besar, menjadikan bus ini sulit bermanuver saat berada di jalan raya. Adapun waktu tempuh untuk rata-rata perjalanan menggunakan bus dari kota Jakarta ke Bandung sendiri sekitar 5 jam untuk sekali jalan.

3. Minibus
Sekarang ini, ada banyak perusahaan minibus yang siap mengantarkan para penumpang dari kota Bandung ataupun menuju kota Bandung. Beberapa diantaranya ialah layanan minibus XTrans, DayTrans, Baraya, dan CitiTrans.

Tarif sekali jalannya bervariasi, mulai dari harga Rp. 80.000 sampai Rp. 120.000. Untuk satu minibus umumnya bisa mengangkut sebanyak 8-12 orang penumpang, dan biasanya tergantung dari ukuran mobil. Untuk waktu tempuhnya sendiri rata-rata sekitar 3 jam. Namun biasanya tergantung dari kondisi lalu lintas. Sementara, dikarenakan ada pembangunan di area Cikampek, penggunaan transportasi shuttle atau minibus ini memerlukan waktu sekitar 5 jam ke kota Bandung.

4. Kereta Api
Kereta api merupakan pilihan transportasi paling menjanjikan karena waktu dan kecepatan perjalanannya. Calon penumpang dapat memilih lokasi pemberangkatan. Dari arah stasiun Gambir pada kereta api kelas ekonomi, kelas priority dan kelas eksklusif, serta pada kereta kelas ekonomi.
Untuk harga tiketnya sendiri bisa dibilang cukup stabil. Tarif kereta api kelas ekonomi sendiri dibanderol Rp. 100.000, sedangkan kelas priority dibanderol Rp. 260.000, dan kelas eksklusif dibanderol Rp. 150.000. Dalam sehari, ada sebanyak 10 kali lebih waktu keberangkatan ke Bandung. Jadi, bila Anda telah memesan tiket sebaiknya hadir sebelum jadwal keberangkatan kereta lebih awal.

Post a Comment

0 Comments