Dokumen Serta Informasi Biaya Pengurusan SIUJK 2019 yang Harus Diketahui


Bagi sebuah badan usaha yang bekerja di bidang konstruksi seperti Jasa Pelaksana Konstruksi, Jasa Perencana Konstruksi maupun Jasa Pengawas Konstruksi, kepemilikan SIUJK sangat penting untuk menjalankan pekerjaan. Namun, bagi perusahaan konstruksi yang masih baru, informasi mengenai dokumen maupun biaya pengurusan SIUJK tentu masih awam sebelumnya. Berikut informasi terkait pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Syarat Dokumen yang Sudah Harus Disiapkan untuk Membuat SIUJK
Terkait biaya pengurusan SIUJK sendiri sebenarnya beragam bergantung dari skala badan usaha dan juga besar biaya proyek yang dijalankan. Besaran biaya yang harus dikeluarkan dari mulai Rp 20an juta hingga mencapai kurang lebih Rp 50 jutaan. Berikut adalah persyaratan dokumen yang harus disiapkan sebelumnya:

1. SKTK
Surat Keterangan Tenaga Terampil atau SKTK merupakan dokumen yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Sertifikat ini merupakan pengakuan atas keterampilan konstruksi yang dimiliki oleh seorang tenaga terampil konstruksi. Untuk memperoleh SKTK, tenaga terampil konstruksi harus memenuhi syarat kompetensi yang sangat ketat berkaitan dengan fungsi, ilmu, dan keterampilan.

Untuk mengurus SKTK, dokumen yang diserahkan terkait pengakuan keilmuwan adalah fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir oleh lembaga berwenang serta ijazah asli. Kemudian juga dokumen berisi daftar pengalaman kerja yang berhubungan langsung dengan klasifikasi dari setiap kompetensi kerja. Anda juga harus melakukan self-assessment yang diakses lewat Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI).

2. KTA
KTA atau Kartu Tanda Anggota menunjukkan keanggotaan dari suatu perusahaan dan badan usaha di dalam asosiasi gabungan perusahaan penyedia jasa konstruksi yang sudah terdaftar dan diakui oleh LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi.

Jika perusahaan jasa konstruksi Anda masih baru, maka Anda bisa mencari tahun terkait asosiasi gabungan perusahaan jasa konstruksi melalui link website resmi www.lpjk.net. Jika Anda ingin mendapatkan SIUJK, maka Anda harus menyerahkan KTA sebagai bukti keanggotaan LPJK.

3. SKA
Sebelum mencari tahu mengenai biaya pembuatan SIUJK, sangat penting untuk memproses Sertifikat Keahlian Kerja atau SKA. SKA ini dikeluarkan secara resmi oleh LPJK. Secara umum, persyaratan agar dapat memperoleh SKA hampir sama dengan SKTK yakni orang tersebut harus membuktikan kompetensi yang dimiliki berdasarkan keilmuannya.

4. SBU
Agar dapat memperoleh SIUJK, badan usaha tersebut harus sudah memiliki Sertifikat Badan Usaha atau SBU yang diterbitkan oleh menteri. Untuk memproses SBU sendiri pihak badan usaha harus mengurusnya lewat lembaga sertifikasi untuk badan usaha. Lembaga sertifikasi ini dibentuk oleh asosiasi badan usaha yang diakui. SBU ini merupakan pengakuan secara resmi dan tertulis atas kemampuan serta kualifikasi dari badan usaha tersebut untuk menjalankan kewajibannya.
Apabila Anda sudah menyiapkan dokumen di atas, maka selanjutnya Anda harus mencari tahu mengenai biaya pengurusan SIUJK. Anda bisa meminta jasa pengurusan SIUJK untuk membantu prosesnya.

Post a Comment

0 Comments