Hal-hal yang Perlu Diketahui Mengenai SSL Indonesia


SSL Indonesia memiliki kepanjangan Secure Socket Layer yang mungkin bagi beberapa orang masih cukup asing untuk dipasangkan pada website. Meski begitu, banyak orang yang merasa masih bingung apa fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh dengan memasangkan SSL. SSL sendiri sesuai dengan nama kepanjangannya berfungsi untuk melindungi website dari serangan hacker atau orang tak bertanggung jawab.

SSL ini akan bekerja dengan cara membuat suatu jalur tersendiri yang sudah dienkripsi antara web browser dengan website agar lebih mengamankan data di dalamnya. SSL sendiri bisa diibaratkan seperti sebuah pagar di sekeliling bangunan yang akan mencegah orang untuk menerobos masuk ke dalamnya. Anda bisa melihat tanda sebuah website yang dilindungi SSL berubah menjadi HTTPS.

Manfaat Memasang SSL Indonesia di Website
Di Indonesia sendiri kini sudah banyak provider atau jasa yang menyediakan SSL gratis, SSL murah hingga SSL cukup mahal. Masing-masing SSL ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Meski dari segi tingkat pengamanan dan fasilitas yang diperoleh, tentu SSL berbayar akan lebih banyak memberikan keuntungan. Berikut ini adalah manfaat umum dari SSL yang bisa Anda dapatkan ketika memasangnya di website.

1. Website Lebih Terlindungi
Manfaat utama dari keberadaan SSL bagi sebuah website adalah perlindungan data dan informasi di dalamnya dari upaya pencurian. Keberadaan SSL ini akan membuat usaha hackers untuk membobol website Anda menjadi lebih sulit. Selain itu, keberadaan data dan informasi penting di dalam website juga akan lebih terlindungi. Hal ini berkat keberadaan SSL yang membentuk jalur terenkripsi khusus antara website serta web browser sehingga sulit untuk dibobol orang lain.

2. Data yang Dienkripsi
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan SSL dalam sebuah website akan bekerja dengan membuat jalur terenkripsi khusus antara web browser dengan website. Keberadaan protocol atau jalur yang dibentuk SSL ini akan membuat data sulit dicuri karena SSL akan membuat data dienkripsi. Dengan melakukan enkripsi pada data di dalam website maka orang lain akan kesulitan untuk melakukan pencurian dan penerjemahan data.

Sebaliknya, ketika data di dalam website tidak dienkripsi, maka hackers akan sangat mudah dalam melakukan pencurian dan penyadapan data. Hal ini karena data dalam bentuk informasi yang langsung bisa terbaca berbeda dengan data enkripsi yang sudah diubah ke dalam bentuk kode tertentu.

3. Google Ranking Website Dapat Meningkat
Percaya atau tidak, ternyata pemasangan SSL pada website bahkan bisa berdampak terhadap pemeringkatan dari Google Ranking. Hal ini dikarenakan Google mendeteksi bahwa website Anda termasuk website yang aman dan dapat dipercaya. Hal ini pun akan berdampak terhadap tingkat kepercayaan pengunjung website Anda.

Hingga kini, sebenarnya sudah banyak penyedia SSL Indonesia yang menawarkan SSL terjangkau. Melihat fungsinya yang besar tentu sangat sayang jika Anda tidak memasang SSL di website Anda.

Post a Comment

0 Comments