Hal yang Perlu Diketahui Terkait Cara Kerja VPN


Untuk menghubungkan sebuah perangkat baik itu laptop, PC ataupun komputer ke sebuah jaringan publik dan dapat tergabung dengan sebuah koneksi lokal, maka VPN adalah teknologi komunikasi yang bisa digunakan. VPN sendiri merupakan Virtual Private Network yang membuat pengguna merasakan pengaturan serta fasilitas yang sama seperti halnya menggunakan LAN meski hanya berada di koneksi publik. Lantas, bagaimanakah cara kerja VPN sehingga pengguna dapat merasakan jaringan publik.

Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh pengguna ketika menggunakan VPN. Tidak hanya kemudahan dari segi akses perangkat ataupun jaringan perusahaan bagi karyawan, namun juga keamanan identitas pengguna. Hal inilah yang membuat penggunaan VPN semakin banyak terutama di perkantoran dan fasilitas umum. Berikut penjelasannya.

Keuntungan Menggunakan Jaringan VPN

1. Internetan Aman
Banyak orang khawatir ketika menggunakan jaringan koneksi internet umum seperti WiFi ataupun hotspot umum karena adanya ancaman kebocoran data pribadi. Ancaman kebocoran data seperti password hingga file penting membuat orang banyak menghindari koneksi umum. Meski begitu, jika Anda menggunakan koneksi VPN maka keamanan data tetap terjaga meski menggunakan internet umum.

2. Dapat terhubung kapan saja
Jika menggunakan jaringan VPN, maka Anda dapat mengerjakan tugas kantor dan mengecek data dari manapun. Hal ini dikarenakan akses jaringan fasilitas kantor ataupun komputer dapat diakses di manapun. Oleh karena itu kinerja kantor ataupun perusahaan dapat meningkat karena pekerja dapat mengerjakan tugasnya dari manapun mereka berada.

3. Identitas Disembunyikan
Ketika Anda berselancar di internet menggunakan perangkat teknologi komunikasi tanpa VPN, maka nomor IP Anda pun akan terdeteksi dan dapat diketahui. IP sendiri adalah identitas khas bagi setiap perangkat yang dikeluarkan oleh ISP. Sehingga, ketika Anda menggunakan VPN, maka IP asli Anda akan digantikan oleh IP dari penyedia layanan VPN. Hal ini akan melindungi identitas Anda.

4. Lebih Murah untuk Menjangkau Jaringan yang Luas
Untuk dapat menghubungkan jaringan lokal yang memiliki luas area yang luas, maka biasanya dibutuhkan setup jaringan baru yang tentunya memakan banyak biaya. Sebaliknya, ketika menggunakan VPN, maka biaya dapat ditekan sekecil mungkin. Hal ini dikarenakan kinerja VPN dalam mengirimkan data dapat dilakukan menggunakan jaringan publik yang sudah dibangun tanpa perlu membuat yang baru.

5. Tidak Terdeteksi dan Dapat Akses Website yang Diblokir
Menggunakan VPN merupakan solusi terbaik untuk menghindari geo-restriction atau pembatasan khusus daerah tertentu. VPN sendiri dibentuk dari tiga buah teknologi tunneling atau terowongan agar terbentuk sistem yang aman dalam berselancar, yakni PPTP, L2TP dan juga IPSec atau Internet Protocol Security.

Ketika Anda menggunakan VPN pada negara yang banyak melakukan restriksi ataupun juga pelarangan pengungkapan pendapat, maka VPN akan sangat membantu Anda dalam beropini. Hal ini dikarenakan sistem tidak dapat mendeteksi identitas IP asli perangkat sebaliknya mereka hanya mendeteksi nomor IP server VPN. Alhasil, profil Anda bahkan lokasi perangkat pun dapat dikaburkan dan hanya muncul lokasi server VPN tersebut.

Memahami Cara Kerja VPN
Ketika Anda tidak menggunakan VPN, maka proses terhubungnya Anda ke internet akan berlangsung melalui ISP atau Internet Service Provider. ISP inilah yang pertama kali terhubung dengan perangkat sebelum perangkat Anda menjangkau website ataupun akses internet manapun. Oleh karena itu semua aktivitas di dalam sumberdaya internet bisa terbaca di ISP.

Sebaliknya, ketika Anda menggunakan VPN, maka aktivitas Anda dalam menjangkau komputer server yang ingin Anda diakses akan melalui terowongan yang disebut VPN. Oleh karena itu, alamat IP asli Anda yang dibangun oleh ISP akan ditutupi dan digantikan oleh IP dari penyedia VPN.

Dengan memasang teknologi VPN, maka proses koneksi Anda ke suatu sumber daya internet akan dilakukan enkripsi data terlebih dahulu. Selanjutnya jaringan akan dilewatkan melalui tunnel VPN baru kemudian Anda dapat mengakses sumber daya internet seperti website. Oleh karenanya Anda dapat dengan bebas menjangkau berbagai website ataupun sumber daya internet lainnya tanpa diketahui identitasnya.

Sebenarnya, ketika data yang diproses hanyalah data yang berisi mengenai riwayat pencarian Anda di mesin pencari Google, ataupun video yang Anda akses di Youtube atau hiburan yang lain, maka hal tersebut bukanlah masalah. Namun ketika data penting seperti data email berisi file penting, perbankan online atau data lain yang sensitif dapat dijebol maka hal ini akan menjadi masalah.

Oleh karenanya, ketika menggunakan VPN, maka akan ada pihak ketiga yang berperan dalam mengamankan pertukaran data internet yang terjadi. Penyedia VPN ini adalah pihak ketiga yang mengkoneksikan Anda dengan sumber daya internet.

Setelah Anda memahami cara kerja VPN, tentu menggunakan VPN ini dapat dipertimbangkan menjadi sangat menguntungkan. Tidak hanya memudahkan Anda dalam menjangkau data kantor dan komputernya, namun keamanan jelajah internet Anda pun dapat lebih terlindungi.

Post a Comment

0 Comments