Menanam Lidah Buaya Yuk! Ikuti Cara Menanam Tanaman Lidah Buaya Berikut Ini


Siapa yang tidak mengenal lidah buaya, disebutkan dalam salah satu situs tanaman Indonesia yang memiliki nama lain Aloe vera ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu untuk merawat kulit, menyuburkan rambut, dan menyembuhkan luka. Namun saat ini manfaatnya gak hanya itu aja, tapi sangat beragam lho!

Tapi kamu pernah berfikir untuk menanam lidah buaya? Tak ada salahnya lho kamu mencoba menanam sendiri. Langsung aja yuk simak cara menanam tanaman lidah buaya berikut ini.

Pertama, Ketahui Dulu Cara Menanamnya
Menanam lidah buaya itu sebenarnya mudah banget untuk dilakukan lho! Kamu bisa memilih apakah akan menanam dari anakan tanaman lidah buaya yang sudah jadi, dengan cara stek batang, ataupun menanam langsung dari benih.

Pilih Bibit Lidah Buaya yang Unggul
Memilih bibit lidah buaya yang unggul tentu sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh pada kualitas tanaman lidah buaya nanti saat si tanaman sudah bertambah dewasa dan siap untuk panen. Kamu bisa membeli biji lidah buaya di toko pertanian terdekat dari rumahmu, atau beli secara online juga banyak kok.

Setelah itu, kamu bisa melakukan stek batang dari tanaman lidah buaya yang sudah dewasa, dan bisa kamu tanam secara bersamaan dengan biji yang sudah kamu siapkan tadi.

Pembibitan tanaman bisa dilakukan dengan cara vegetatif, mengambil anakan dari lidah buaya yang sudah dewasa. Tapi perlu diperhatikan untuk berhati-hati saat memisahkan anakan dari indukannya. Kamu bisa mencongkel anakan untuk memisahkan dari induknya. Nah ketika anakan sudah kamu pisahkan, perhatikan akarnya, usahakan untuk ikut terbawa sepenuhnya dan jangan sampai putus.
Setelah itu bisa kamu pindahkan ke media semai bentuk polybag atau pot. Saat nanti umur tanamanmu sudah mencapai 3 sampai 5 bulan, kamu bisa pindahkan ke media tanam yang sebenarnya, seperti pot yang sudah kamu isi dengan campuran tanah gembur dan pupuk, atau bisa juga ke lahan luas.

Persiapkan Media Tanam Dengan Baik
Jika kamu akan menanam lidah buaya dengan jumlah banyak, bisa menggunakan lahan luas dengan tanah gembur dan jangan lupa untuk membuat bedengan. Bedengan adalah gundukan-gundukan tanah, dan jangan lupa disamping bedengan kalian harus membuat selokan atau parit.
Jika kamu menggunakan polybag atau pot, bisa kamu isi dengan campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang. Perbandingannya 2:1:1 ya! Kamu bisa melakukan pemupukan saat tanamanmu sudah berumur 3 sampai 4 bulan. Biasanya pupuk yang digunakan jenis urea TSP dan KCL yang memiliki perbandingan 1:1.

Proses Panen
Tanamanmu bisa dipanen saat berusia 7 bulan, dengan ciri-ciri panjang daging daun sudah mencapai 50 sampai 75 cm. Perhatikan pula bunga tanamannya, bunga tanaman akan berubah warna menjadi kuning cerah saat memasuki usia panen. 

Manfaat Lain Lidah Buaya
Ternyata lidah buaya bisa untuk menghilangkan plak gigi lho! Lidah buaya juga bisa untuk menghaluskan, mencerahkan, hingga mengecilkan pori-pori wajah. Selain itu, lidah buaya bisa meningkatkan kekebalan dan menjaga kadar asam tubuh.

Nah itu tadi cara menanam tanaman lidah buaya yang bisa kamu praktekkan di rumah. Bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba!

Post a Comment

1 Comments