Penyebab Kanker Rahim dan Tips untuk Mencegahnya


Sampai dengan saat ini kita tahu bahwa kanker rahim adalah salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh perempuan. Ada berbagai macam resiko serta penyebab kanker rahim yang mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. Padahal penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat mengerikan. Penyakit ini memang banyak di derita oleh kaum wanita.

Sebagai informasi bahwa kanker rahim dibagi ke dalam dua jenis yaitu adenokarsinoma serta sarkoma. Adenokarsinoma sendiri terbentuk di dalam lapisan yang ada pada bagian dalam rahim atau sering dikenal dengan sebutan kanker endometrium. Sedangkan untuk yang sarkoma terbentuk di kelenjar atau jaringan pada penunjang rahim seperti contohnya yaitu otot rahim. Penyakit ini memang sering terjadi dan kebanyakan dialami oleh wanita yang sudah masuk pada masa menopause atau bisa juga mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun.

Penyakit kanker rahim ini terjadi saat sel-sel sehat yang ada di dalam rahim mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali dan akhirnya membentuk tumor atau benjolan. Tumor tersebut biasanya dapat berupa tumor ganas maupun tumor jinak. Menilik dari beberapa kasus kanker rahim, tumor mampu membesar serta menyebar ke beberapa organ tubuh yang lain. Bagi Anda yang masih kurang begitu paham tentang apa saja penyebab dari penyakit kanker rahim tersebut, berikut ini adalah penjelasannya:

    1. Penderita penyakit diabetes.
    2. Seseorang dengan berat badan yang berlebih.
    3. Perempuan yang mengalami menstruasi lebih cepat atau menopause terlambat.
    4. Perempuan yang sudah berusia di atas 50 tahun.
    5. Penggunaan hormon estrogen, bisa juga saat menjalani terapi penggantian hormon pascamenopause atau saat pemasangan alat kontrasepsi.

Biasanya seseorang yang sudah terkena penyakit kanker rahim ada beberapa metode yang sering dilakukan untuk bisa mengobati penyakit tersebut. Seperti contohnya adalah histerektomi atau bisa disebut juga dengan operasi pengangkatan rahim. Biasanya histerektomi juga akan dikombinasikan dengan radioterapi serta kemoterapi sehingga pengobatan bisa dilakukan secara maksimal. Informasi penting yang perlu Anda ketahui, apabila seorang penderita penyakit kanker rahim telah melakukan pengobatan dengan metode histerektomi biasanya sudah tidak bisa lagi untuk memiliki keturunan. Tetapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan dokter akan memberikan obat yang mampu untuk mengendalikan hormon pencegah penyakit kanker rahim tersebut bagi mereka yang masih ingin memiliki keturunan.

Ada beberapa metode atau tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit kanker rahim tersebut. Tindakan-tindakan tersebut antara lain mengontrol kadar gula dalam darah, menjaga berat badan agar tetap ideal serta menggunakan pil KB kombinasi dan tidak hanya menggunakan estrogen. Penyakit kanker rahim memang lebih sering dialami oleh wanita yang telah melewati masa menopause. Akan tetapi tidak sedikit juga para wanita yang masih mudah juga banyak yang menderita penyakit tersebut.

Ada banyak sekali penyebab kanker rahim yang mungkin secara tidak sadar Anda lakukan sehari-hari. Hal penting yang perlu Anda ketahui, kebersihan vagina wanita memang sangat penting untuk menjaga agar organ intim Anda bisa tetap sehat dan tidak ada penyakit serius yang nantinya akan menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu, mulai sekarang perhatikan kembali kesehatan organ intim Anda. Bisa Anda mulai dengan mengganti celana dalam apabila basah setelah buang air supaya organ intim tidak lembab dan menjadi sarang bakteri serta kuman yang bisa memicu adanya penyakit serius pada tubuh Anda.

Post a Comment

0 Comments