Tips Menjadi Reseller Indonesia dengan Modal Kecil


Menjadi reseller kini sedang banyak diminati oleh masyarakat karena memang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar jika dibandingkan membuka toko retail langsung ataupun memproduksi barang sendiri. Meski membuka usaha reseller Indonesia sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan modal yang besar, Anda tentu juga harus pandai dalam memilih produk yang tepat untuk dijual agar dapat dipercaya konsumen terus-menerus.

Tips Menjadi Reseller Indonesia dengan Modal Kecil
Sebelum memutuskan akan menjual produk apa dan sebagainya, ada beberapa step yang harus Anda lakukan sebelumnya. Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk melihat kecenderungan konsumen dan juga mencari pemasok yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan:

1. Pilih Supplier yang Profesional
Anda harus bekerjasama dengan supplier yang professional agar usaha Anda terus berjalan dengan lancar dan konsumen puas dengan produk Anda. Untuk memilih supplier professional sebenarnya cukup dilihat dari apa yang mereka miliki dan tawarkan. Misalnya Anda bisa mengecek apakah mereka memiliki katalog produk yang jelas yang bisa Anda analisis sebelumnya. Selain itu, supplier tersebut juga memiliki lokasi kantor yang tetap dan jelas. Tanyakan pula sistem kerjasama yang mereka tawarkan apakah menguntungkan atau tidak.

2. Harga yang Kompetitif
Anda harus melakukan riset atau survey terhadap harga dari produk yang serupa berapa di pasaran. Hal paling penting adalah jangan sampai harga produk yang Anda jual lebih mahal. Usahakan setidaknya bisa sama dengan harga pasar meski bila Anda bisa menjualnya lebih murah tentu akan lebih baik. Apalagi jika Anda memiliki kelebihan seperti pelayanan lebih maksimal dan efisien tentu lebih diminati konsumen.

3. Konsisten dan Ramah
Jadilah reseller yang cepat tanggap dalam menghadapi konsumen apalagi jika ada keluhan dari mereka. Usahakan juga untuk tetap ramah dalam menghadapi konsumen Anda. Konsisten juga dengan janji yang Anda berikan kepada mereka. Misal jika Anda berjanji akan mengirim barang di hari Senin maka kirimlah barang tersebut hari Senin. Lebih baik lagi jika bisa lebih cepat.

4. Survey Barang yang Paling Banyak Dicari
Misal jika Anda berniat untuk memasarkan produk secara lokal di daerah Anda saja, artinya Anda harus memahami karakter masyarakat tersebut. Apakah mereka banyak yang mencari produk yang akan Anda tawarkan ataukah tidak. Anda bisa riset tingkat ketertarikan mereka terhadap barang tersebut. Lebih baik lagi jika Anda menjual produk yang banyak dicari di social commerce Indonesia namun harga yang lebih murah.

5. Gunakan Sosial Media
Sosial media kini menjadi salah satu wadah untuk berjualan yang paling ampuh. Manfaatkan wadah ini sebaik mungkin untuk menawarkan produk Anda. Anda bisa mencontoh beberapa akun reseller Indonesia yang sudah laku memasarkan produknya.

Post a Comment

0 Comments