Ini 5 Jenis dan Cara Memilih Screwdriver yang Harus Kamu Tahu!

sumber : google.com
Screwdriver atau yang lazim disebut dengan obeng adalah salah satu peralatan bengkel yang paling sering digunakan. Selain bengkel, screwdriver juga sering gunakan di rumah-rumah. Ketika kamu melakukan perbaikan kecil-kecilan seperti memperbaiki gagang pintu yang copot, perbaikan kabel, membuka smartphone, dan lain-lain, biasanya akan memerlukan screwdriver.

Screwdriver atau obeng yang sering kita temukan memiliki 4 bentuk ujung yaitu kembang atau silang, pipih dan screwdriver yang mempunyai ujung persegi serta bulat. Satu jenis obeng biasanya memiliki satu jenis fungsi. Namun demikian saat ini ada banyak jenis screwdriver atau obeng yang dilengkapi dengan beberapa mata sekrup yang berbeda. Berikut adalah pembahasannya:

1. Screwdriver Jenis Ratchet
sumber : shopee.co.id
Screwdriver jenis ini memiliki gagang seperti pistol yang bisa menyimpan mata sekrup. Biasanya ada 3 mata sekrup yang bisa dipakai yaitu sok, pipih dan kembang. Jika ingin mengganti sekrup kamu tinggal membongkar ujung obengnya. Dengan obeng sistem ratchet pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah.

2.Screwdriver Jenis Elektrik

sumber : shopee.co.id


Penggunaan screwdriver elektrik sangat mudah karena dilengkapi dengan pemutar sekrup yang menggunakan tenaga listrik. Screwdriver elektrik biasanya dilengkapi dengan ujung pipih dan kembang. Obeng jenis ini dilengkapi dengan motor yang digerakan oleh baterai yang bisa di charge ulang.

3. Screwdriver Flexible

sumber : shopee.co.id
Bentuknya kecil sehingga mudah dimasukan ke dalam saku. Screwdriver flexible memiliki dua ujung yakni pipih dan satu lagi berbentuk +. Kamu bisa menggunakan secara bergantian. Namun sayang penjepitnya sering rusak dan kendur.
4. Screwdriver Jenis Stabil

sumber : shopee.co.id
Seperti namanya screwdriver stabil memiliki gagang yang sangat kokoh karena berbentuk T. Jadi ada tiga ujung yang masing-masing adalah ujung pipih, ujung kembang dan ujung sok. Kelemahan gagangnya mudah patah terutama jika digunakan memutar objek yang berat.
5. Screwdriver Magnet

sumber : shopee.co.id
Seperti namanya screwdriver magnet memiliki magnet di ujungnya yang berfungsi untuk memegang sekrup agar tidak mudah jatuh. Screwdriver jenis ini biasanya dilengkapi dengan gagang plastik bertekstur agar tidak licin ketika dipegang.

Tips Memilih Screwdriver Berkualitas
Setelah mengetahui berbagai jenis screwdriver atau obeng ada baiknya kamu tahu tentang bagaimana cara memilih screwdriver berkualitas. Seperti kita ketahui bahwa ada banyak merek screwdriver yang beredar di pasaran. Harga screwdriver juga sangat beragam. Untuk memilih screwdriver dengan kualitas terbaik, ada baiknya ada perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Perhatikan Material Besinya

sumber : shopee.co.id
Kualitas sebuah screwdriver biasanya dipengaruhi oleh kualitas besinya. Idealnya besi yang dibuat harus berkualitas terbaik sehingga tidak mudah berkarat dan rusak. Lalu bagaimana cara mencari screwdriver yang besinya berkualitas? Besi screwdriver berkualitas biasanya sangat keras dan berwarna abu-abu tua atau muda dengan finishing doff.
2. Perhatikan Beratnya

sumber : shopee.co.id
Untuk menentukan baik jeleknya sebuah screwdriver, kamu bisa menentukan dari beratnya. Screwdriver yang baik terasa lebih berat jika dipegang. Logikanya besi atau baja yang berkualitas memiliki tingkat kerapatan tinggi sehingga lebih berat jika dibandingkan dengan screwdriver berkualitas rendah.

3. Ujungnya Dilengkapi Dengan Magnet

sumber : shopee.co.id
Obeng yang berkualitas ujungnya dilengkapi dengan magnet. Magnet yang dipakai juga sangat kuat sehingga sanggup memegang sekrup agar tidak mudah jatuh.

Screwdriver atau obeng adalah sebuah tool yang banyak digunakan baik di bengkel, pertukangan maupun di rumah-rumah. Dengan menggunakan obeng kita bisa menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan dengan mudah dan cepat. Screwdriver yang berkualitas adalah screwdriver yang mudah untuk digunakan dan awet alias tidak mudah rusak.

Post a Comment

0 Comments