Tips Memilih Ban Loader yang Paling Tepat untuk Loader Anda


Apakah perusahaan Anda beroprasi menggunakan alat berat? Pada alat berat, penggunaan jenis ban serta perawatan yang tepat bisa meningkatkan produktivitas kerja serta usia penggunaan ban. Alat berat seperti loader harus lebih mempertimbangkan aplikasi pekerjaan, seperti menentukan dimana unit akan digunakan, kemudian baru memilih ban. Biasanya, kita akan sedikit kebingungan saat melakukan negosiasi dengan tempat jual ban loader.

Penggunaan ban yang sesuai dengan aplikasi pekerjaan dapat membuat pekerjaan menjadi semakin efektif dan hemat waktu. Lantas, bagaimana cara memilih ban loader yang tepat? Berikut kiatnya.

Ban Radial, Ban Bias dan Ban Solid Loader, Pilih Mana?
Pada dasarnya, ban radial memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan ban bias, namun ban radial ini akan memberi traksi serta stabilitas yang jauh lebih baik sehingga dapat mengurangi biaya bahan bakar. Oleh sebab itu, bila dihitung ulang, untuk biaya jangka panjang, biaya menggunakan ban radial bisa lebih murah bila dibandingkan dengan ban bias, meskipun biaya pembeliannya lebih tinggi dibandingkan dengan bias.

Untuk masalah kecepatan, ban radial bukan hanya memberi kontrol yang lebih baik namun juga mempunyai kapasitas untuk menahan panas yang dihasilkan dari alat berat tersebut, sehingga usia penggunaan ban loader bisa lebih panjang. Penggunaan ban loader sangat tepat untuk lahan yang padat.

Namun, jika perusahaan Anda bergerak di bidang pertambangan yang lebih banyak menggunakan ban di area yang berkerikil dan berlubang, karena dapat merusak dinding samping ban. Dalam area kerja seperti ini, nantinya ban bias akan bekerja lebih maksimal dibandingkan dengan ban radial, karena jarak tempuh kerja menjadi lebih pendek, ban bias akan mudah diperbaiki.

Selain dua ban di atas, ada pula ban solid loader. Biasanya, ban ini digunakan sebagai pengeliminasi permasalahan di ban angin loader, sehingga ban solid loader sangat cocok untuk area kerja yang ekstrim. Jadi, sudah jelas bukan, tak hanya biaya awal pembelian yang harus diperhatikan saat memesan di tempat jual ban loader, namun area kerja juga harus diperkirakan dengan baik. 

Memilih Pola Design, Perlukah?
Tak hanya memilih jenis ban saja, namun memilih pola design juga menjadi sebuah keharusan. Pola kembang harus memudahkan material terlepas dari ban, apalagi untuk area kerja yang berlumpur dan basah. Material yang tersangkut dalam jumlah banyak akan membuat ban mudah terkikis dan menyebabkan traksi berlebih ketika menggunakan alat berat.

Tipe kembangan yang paling banyak direkomendasikan adalah L2 serta L3. Untuk tipe L2, tipe ini akan memudahkan loader melakukan sejumlah traksi secara maksimal serta membersihkan ban dari material yang tersangkut di area kerja. Sedangkan untuk L3, akan memberi ketahanan di area kerja berbatu. Jadi, sebelum mengunjungi tempat jual ban forklift, pertimbangkan hal di atas terlebih dahulu.

Post a Comment

0 Comments