Mengenal Berbagai Peralatan Restoran yang Utama


Untuk menjalankan fungsinya dalam menyajikan makanan terbaik kepada setiap konsumen yang datang, maka sebuah restoran tentu akan didukung oleh peralatan restoran yang lengkap. Peralatan ini dari mulai peralatan memasak hingga peralatan untuk penyajian hidangan agar terlihat baik di mata konsumen. Dari segi kualitasnya sendiri, bisa dibilang peralatan restoran terutama restoran kelas atas tentu sangat berkualitas.

Peralatan Restoran yang Dibutuhkan Beserta Fungsi
Peralatan yang harus terdapat di restoran sangat beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis peralatan utama yang harus ada di restoran:

1. Glassware
Menemukan peralatan restoran yang dibuat dari bahan kaca tentu sudah tidak asing lagi. Umumnya peralatan restoran yang menggunakan material kaca seperti gelas atau water goblet. Bahan kaca yang dipilih umumnya bisa saja netral maupun berwarna-warni. Karena memiliki risiko mudah pecah, peralatan yang dibuat dari bahan kaca umumnya hanya digunakan untuk saat-saat tertentu saja.

Alasan memilih bahan kaca untuk peralatan seperti gelas karena memang mendatangkan efek elegan serta estetis ketika ditaruh di meja penyajian. Kaca yang tembus pandang dan transparan akan memberikan nilai tambah pada restoran itu. Untuk bentuknya sendiri umumnya seperti huruf Y dengan kaki yang langsing dan melebar ke atas.

2. Chinaware
Peralatan chinaware adalah peralatan berciri khas dari budaya china yakni keramik dan juga porselen. Material keramik dan juga porselen selain lebih elegan namun juga lebih tahan lama. Dari segi penampilan, peralatan yang menggunakan material keramik dan porselen akan ditawarkan dengan desain serta motif yang bagus.

Bahan chinaware umumnya digunakan untuk membuat piring yang memiliki desain menarik. Piring untuk menyajikan menu utama, menu penutup hingga menu pembuka. Mangkuk juga umumnya akan menggunakan material chinaware.

3. Silverware (Peralatan dari Bahan Perak)
Restoran umumnya akan menggunakan bahan-bahan dasar dari perak. Alasan menggunakan perak sebagai bahan dasar peralatan karena penampilannya lebih elegan serta juga lebih kuat. Karena tampak lebih elegan, sehingga peralatan berbahan dasar perak banyak digunakan untuk penyajian makanan. Peralatan yang menggunakan bahan dasar perak berupa garpu makanan, sendok dan pisau. Pisau ataupun garpu ini biasanya akan disertakan ketika makanan yang dipilih berupa steak dan daging.

4. Linen
Peralatan restoran berbahan linen umumnya digunakan untuk menutupi meja dan peralatan lainnya agar tidak mudah kotor. Linen yang merupakan salah satu bahan kain ini dapat membantu menjaga agar meja tetap bersih serta tidak mudah terkena tumpahan kotoran makanan. Peralatan yang dibuat dari bahan linen seperti serbet makan, guest napkin, alas meja dan kain untuk mengelap peralatan.

5. Peralatan Stationary
Peralatan stationary tentu identik dengan peralatan kantor seperti kertas, buku dan juga alat tulis. Peralatan ini merupakan alat tambahan atau pendukung saja dan bukan merupakan peralatan utama. Untuk restoran sendiri umumnya akan disediakan buku menu, buku tamu dan juga alat untuk menulis. Selanjutnya ada pula tisu baik itu tisu untuk mengelap mulut setelah makan, tisu untuk alas mangkuk sup.

Untuk restoran kelas atas, di atas meja tentu disediakan berbagai aksesoris pendukung. Biasanya akan diletakkan menu makanan, tempat bubuk merica, tusuk gigi dan garam. Selain peralatan di atas, di restoran juga tentu dilengkapi oleh pendingin ruangan (AC). Untuk itu keberadaan jasa service ac penting untuk memperbaiki AC jika sewaktu-waktu rusak.

Peralatan restoran itu harus selalu dijaga agar dalam kondisi terbaik. Jika ditemukan cacat pada peralatan, maka akan menjatuhkan nama baik restoran.

Post a Comment

0 Comments