Peran Advotics dalam Memaksimalkan Distribusi Barang dan Kinerja Tenaga Penjual


Melihat pergerakan suplai barang di lapangan tentu memiliki begitu banyak tantangan. Mengandalkan pencatatan distribusi produk secara offline atau manual tentu akan menghabiskan lebih banyak waktu serta sangat tidak efektif. Hal inilah yang menjadi perhatian utama dari startup Advotics hingga mengeluarkan platform yang sangat dinanti para pelaku usaha, yaitu platform untuk mendigitalkan rantai suplai barang dan aset. Berikut adalah peran dari platform ini:

Peran dari Keberadaan Platform Software as a Service

Startup asal Indonesia ini membuat gebrakan di dunia para pelaku usaha dengan mengeluarkan platform berbasis Cloud untuk memaksimalkan pekerjaan distribusi dan penjualan barang. Dengan berfokus pada rantai pasokan produk (supply chain), platform ini memiliki visi untuk memaksimalkan setiap rantai pergerakan barang agar lebih terlacak dengan efektif dan juga efisien.  Berikut adalah fitur yang dimiliki platform ini:

1. Menyediakan Platform Manajemen serta Analisis
Memanajemen pergerakan distribusi produk sangat penting untuk meriset serta memahami pergerakan distribusi barang. Dengan sendirinya, pihak pelaku bisnis bisa memantai bagaimanakah distribusi barang apakah sudah berjalan efektif ataukah belum. Selanjutnya pelaku bisnis bisa melakukan analisis terhadap harga, dan juga memahami cara pemasaran secara offline dengan cara yang lebih efektif.

2. Mendigitalisasikan Produk
Melacak keberadaan produk yang sudah dilepas dari distribusi bukanlah suatu pekerjaan yang dapat diabaikan. Melacak keberadaan produk setelah barang tersebut bergerak dari distributor yang pertama sangatlah penting untuk memahami lokasi produk dan memantau keasliannya.

Hal inilah yang dilakukan oleh platform buatan asal Indonesia ini dengan memberikan kode unik seperti QR dan dicetak di kemasan produk tersebut. Fungsinya tentu untuk melacak dan memastikan bahwa tidak adanya upaya pemalsuan produk.

3.  Meningkatkan Produktivitas Pekerja Sales
Salah satu tantangan yang dihadapi baik oleh agen lapangan maupun manajer perusahaan di bidang marketing adalah mengunjungi satu persatu ritel toko atau distributor. Pekerjaan ini tentu memakan banyak waktu. Oleh karenanya, keberadaan platform ini dapat meningkatkan produktivitas dari para pekerja sales yang memantau distribusi barang hingga ke toko ritel.

4. Pelacakan Geografis
Untuk memudahkan pekerjaan para manajer dalam memantau para pekerja di lapangan, platform ini juga dilengkapi oleh pelacakan secara geografis sehingga manajer dapat mengetahui keberadaan dari pekerja lapangan. Pekerja lapangan pun dapat langsung mengkonfirmasi keberadaannya apakah sudah di toko atau belum langsung dari platform.

Selanjutnya untuk memudahkan pekerja di lapangan dalam mencari keberadaan toko retail, aplikasi ini dilengkapi oleh pengaturan rute. Mereka dapat langsung melihat rute ke toko ketika akan melakukan kunjungan. Dengan sendirinya proses distribusi dan pengiriman barang pun dapat berjalan efektif dan efisien.

5. Strategi Baru untuk Performance Review 
Penilaian kinerja yang efektif akan membantu perusahaan Anda untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan produktivitas dan profit. Namun secara umum, memantau dan meninjau karyawan bukan tugas yang mudah, apalagi dengan sales lapangan yang tidak pernah bekerja di dalam kantor.

Sistem penilaian kinerja akan membantu para supervisor/manajer untuk mengukur kinerja agen lapangan secara akurat, tidak hanya dari KPIs dan target tapi juga service yang diberikan ke klien. Seperti yang telah dibahas di atas, data-data yang diambil dapat dipertanggungjawabkan karena berdasarkan fakta yang memang terjadi di lapangan. Web dashboard untuk manajemen dapat digunakan untuk mengakses dan menganalisa kinerja para karyawan dari berbagai perspektif, seperti kehadiran, penjualan, dan lain-lain.

Post a Comment

0 Comments