Sebelum Mengurus SIUJK, Ketahui Biaya Pengurusan SIUJK


Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK adalah dokumen resmi yang harus dimiliki oleh setiap Badan Usaha Jasa Konstruksi atau BUJK dalam menjalankan usaha konstruksinya. Kepemilikan dari SIUJK sendiri sudah diatur di dalam Undang-Undang nomor 2 Tahun 2017 terkait aturan jasa konstruksi. Dalam pengurusannya, tentu akan dibebankan sejumlah biaya pengurusan SIUJK.

Hal yang termasuk di dalam jasa konstruksi sendiri adalah jasa konsultan perencana konstruksi, pelaksana pembangunan konstruksi hingga jasa pengawasan dari pekerjaan konstruksi. IUJK yang diatur di dalam undang-undang sendiri terdiri dari 3 jenis yakni IUJK Nasional yang diterbitkan pemerintah, IUJK untuk Badan Jasa Konstruksi dari Asing serta IUJK untuk Penanaman Modal dari Asing.

Rincian Biaya untuk Mengurus SIUJK

Untuk informasi lebih lengkap terkait biaya pembuatan SIUJK, Anda bisa bertanya langsung kepada lembaga atau biro jasa pembuatan SIUJK. Lembaga ini akan membantu Anda terkait pengajuan SIUJK dari mulai persiapan dokumen hingga proses pengajuannya di lembaga pemerintahan.

1. Biaya untuk Modal Dasar Gred 2
Sebenarnya untuk besaran biaya yang diajukan akan sangat ditentukan oleh golongan atau kualifikasi dari Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). Misalnya saja untuk golongan gred dua dengan akta pendirian perusahaan di bawah 1 Miliar, maka jumlah pembayaran akan dibagi menjadi 3 bidang.

    • Satu bidang maka besar biaya yang harus dibayarkan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) sebesar Rp 19 juta.
    • Dua bidang maka besar biaya yang harus dibayarkan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) sebesar Rp 22 juta.
    • Tiga bidang maka besar biaya yang harus dibayarkan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) sebesar Rp 25 juta.

2. Biaya untuk Modal Dasar Gred 5
Untuk modal dasar yang harus dikeluarkan bagi Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) yang termasuk ke dalam kualifikasi Gred 5 akan lebih tinggi ketimbang Modal Dasar Gred 2. Berikut adalah rincian biaya yang harus dikeluarkan dibagi berdasarkan bidangnya:

    • Satu bidang maka besar biaya yang harus dibayarkan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) sebesar Rp 35 juta bagi 2 SKA
    • Dua bidang maka besar biaya yang harus dibayarkan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) sebesar Rp 22 juta bagi 3 SKA
    • Tiga bidang maka besar biaya yang harus dibayarkan oleh Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) sebesar Rp 25 juta bagi 4 SKA.

Setelah biaya pengurusan SIUJK sudah disetorkan, maka proses pembuatan surat pun akan dilaksanakan dengan durasi waktu kurang lebih mencapai dua bulan. Waktu yang panjang ini dikarenakan dibutuhkan waktu untuk verifikasi dari surat-surat yang dimasukkan yang mana disposisi surat ini akan melibatkan banyak sekali pihak berwenang. Pastikan agar Anda berkonsultasi dengan jasa pengurusan SIUJK berkualitas agar proses persiapan dokumen lebih efektif.

Post a Comment

0 Comments